Rumah Jemaat HKBP “Diserang” Massa..!! PGI Mengecam, Kemenag Bantah Ada Penyerangan..!!

Mencerdaskan & Memuliakan - November 13, 2021
Rumah Jemaat HKBP “Diserang” Massa..!! PGI Mengecam, Kemenag Bantah Ada Penyerangan..!!
 - (Mencerdaskan & Memuliakan)
Editor

Jakarta, Bersamanewstv

Kementerian Agama (Kemenag) memberikan klarifikasi terkait kabar dugaan penyerangan rumah jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Rengasdengklok di Desa Amansari, Karawang, Jawa Barat, oleh sekelompok massa.

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, mengatakan tidak ada penyerangan tempat ibadah. Kata dia, ada kesalahpahaman atau miskomunikasi yang membuat warga menganggap rumah jemaat digunakan sebagai tempat ibadah. Padahal, hanya untuk tamu dan kegiatan latihan menyanyi.

“Tidak ada penyerangan tempat ibadah,” ujar Yaqut melalui keterangan tertulis, seperti dilansir cnnindonesia, Sabtu (13/11/2021).

Meskipun begitu, Yaqut berujar telah menurunkan Pembimbing Masyarakat (Pembimas) Kristen dan penyuluh agama kristen ke lokasi guna melakukan investigasi dan mediasi.

“Kemenag akan memfasilitasi pendirian tempat ibadah sesuai aturan yang berlaku,” tambah Yaqut.

Sebelumnya, Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) mengecam penyerangan terhadap rumah jemaat HKBP Rengasdengklok di Desa Amansari, Karawang, Jawa Barat yang dilakukan sekelompok massa.

Sekretaris Eksekutif Bidang Keadilan dan Perdamaian PGI, Pendeta Henrek Lokra, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan gereja setempat dan mendapatkan penjelasan bahwa rumah itu tidak digunakan sebagai tempat ibadah.

“Tempat itu bukan tempat ibadah dan dikatakan tidak pernah menggunakan tempat itu untuk beribadah,” kata Henrek sebagaimana dikutip dari keterangan resmi, Kamis (11/11/2021). “Jadi, hanya mempersiapkan saja, jadi tidak dipakai untuk ibadah,” tambahnya.

Henrek meminta agar semua pihak dapat membangun kerja sama dan dialog yang lebih baik. Ia juga meminta para pihak mendorong pemerintah daerah setempat agar memediasi dan memfasilitasi pendirian tempat ibadah. (***)

IMBAUAN REDAKSI: Ayoo…Kita lawan virus Corona (Covid-19)..!! Patuhi protokol kesehatan (Prokes)..!! Jaga jarak dua meter, pakai masker, hindari kerumunan dan rajin cuci tangan pakai sabun di air mengalir. Bukan hebat kali Corona itu kalau kita bersatu..!! ??????

Tinggalkan Komentar

Tag

close
Banner iklan disini