Jangan Anggap Enteng Klen Yaa..!! Kasus Positif Corona Indonesia Dekati 600.000..!!

Mencerdaskan & Memuliakan - Desember 11, 2020
Jangan Anggap Enteng Klen Yaa..!! Kasus Positif Corona Indonesia Dekati 600.000..!!
 - (Mencerdaskan & Memuliakan)
Editor

Jakarta, Bersama News Tv

Kementerian Kesehatan mencatat total Kasus virus corona (Covid-19) di Indonesia nyaris mencapai 600.000 orang, atau tepatnya 598.933 orang pada Kamis (10/12/2020), setelah bertambah 6.033 orang dalam sehari, kemarin.

Dilansir dari laman cnbcindonesia.com, berdasarkan data Kemenkes kasus baru tersebut ditemukan dari 31.984 spesimen yang selesai diperiksa.

Kabar baiknya, angka kesembuhan bertambah 4.530 orang sehingga total angka kesembuhan menjadi 491.975 orang.

Adapun, kasus kematian akibat Covid-19 di Indonesia resmi menembus 18.336 orang, setelah bertambah 165 orang per Kamis kemarin.

Dengan data tersebut maka kasus aktif Covid-19 hingga Kamis menembus 88.622 orang. Ini merupakan rekor kasus aktif tertinggi selama pandemi berlangsung.

Hingga Kamis kemarin, pandemi telah menginfeksi 34 provinsi dan 5010 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Pemerintah juga masih memantau 66.463 orang yang berstatus suspek Covid-19.

Tingginya angka penambahan kasus ini membuat kasus aktif juga naik signifikan. Saat ini ada ada 88.622 kasus aktif, rekor tertinggi sejak pandemi menerpa Indonesia.

Bila dihitung dari seluruh kasus Covid-19 yang ada, persentase kasus aktif berada di 14,79%, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan standar WHO sebesar 5%.

“Ini bukan kabar baik. Peningkatan kasus aktif nasional menunjukkan bahwa masih banyak pasien yang dirawat atau menjalani isolasi mandiri. Lonjakan kasus aktif ini karena treatment yang diberikan belum berjalan maksimal sehingga yang masih positif masih harus dirawat,” ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, Kamis (10/12/2020).

Wiku mengatakan bahwa Satgas Covid-19 meminta kepada Pemda untuk bekerja keras memberikan pelayanan yang baik dan sesuai standar kepada para pasien sehingga bisa segera sembuh.

“Apabila mengalami kendala pada memberikan penanganan kaya sarana dan prasarana segera dikondisikan dengan Satgas Pusat,” ujarnya.

Selain itu, dia juga meminta agar pasien Covid-19 dapat disiplin mematuhi tenaga kesehatan terkait pengobatan yang dilakukan.

“Saya juga meminta agar kita tak lengah dalam menjalankan protokol kesehatan, seluruh tahapan yang diberikan tenaga kesehatan adalah memastikan kesembuhan pasien dari Covid-19,” ujarnya.

Sebagai informasi, Pemerintah menerapkan strategi 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan), 3T (testing, tracing, dan treatment), dan vaksinasi massal dalam pengendalian Covid-19. Bila hal tersebut berjalan optimal, maka pandemi bisa selesai. (****)

IMBAUAN REDAKSI: Ayoo…Kita lawan virus Corona (Covid-19)..!! Patuhi protokol kesehatan (Prokes)..!! Jaga jarak dua meter, pakai masker, hindari kerumunan dan rajin cuci tangan pakai sabun di air mengalir. Bukan hebat kali Corona itu kalau kita bersatu..!! ??????

Tinggalkan Komentar

Tag

close
Banner iklan disini